Untuk yang pada suka mabok miras..maksiat masuk sini (kisah nyata)


kisah ini aq copy langsung dari kaskus,..terharu q baca nya,...
langsung aja ya,...

Ini cerita nyata gan kejadian th 2004 - 2005..Dulu ane kuliah di Surabaya...waktu kuliah ane sering nonkrong di warung gresik..klo disini kaya angkringan gitulah...sama temen2 ane gan.. dari pergaulan itu ane punya sahabat...doi anak rantau juga sama kaya ane..cuma klo ane tujuannya kuliah klo doi gawe di salah satu Restoran di sana...
Temen ane Itu Emang orangnya baek gan sama ane..sebut namanya si "opik"..
doi berasal dari Jogja ...Doi ini punya kebiasaan buruk gan..setiap ane perhatiin Hampir tiap hari Doi itu suka mabok...tapi maboknya ngga rese..kaya alay kampung gitu gan...semua minuman jenis apa aja masuk ke perutnya gan...trus klo lagi baru gajian doi ngga lupa membelanjakan uangnya ke DOLLY...tau DOLLY khan??...wah pokoknya meskipun doi bener2 gila tapi klo sama tmn2 ngga pernah rese..ane lama gan bergaul sama tongkrongannya doi...ane sama dia dah sahabat baek banget deh..anaknya juga asik biar dikata umurnya diatas ane 6th...susah seneng bareng2 prinsip anak rantau...kadang klo ane keabisan duit dia pinjemin ke ane..walaupun dia ngga pernah nagih tapi ane pasti bayar...kan dia suka dapet tips dari tamu resto tmpat dia kerja...ngga pelit &perhitungan..bertahun2 ane sohiban sm doi..dari ane jomblo...sampe ane punya pacar...dia emang ngga punya pacar tapi sukanya "jajan"...itu gan..ane dah nasehatin dg cara baek2 sebagaimana sahabat..tapi doi cengar cengir aje...ya udah yg penting ane dah sering nasehatin doi..kayaknya emang udah wataknya begitu gan...
waktunya sholat juga sholat..maksiat juga tetep...

Trus ane dah masuk masa skripsi saat itu mulai jarang nongkrong sama temen doi...kejadian yang mengerikan terjadi setelah ane skripsi nunggu wisuda..temen 1 tongkrongan ane ada yang ulang taun gan...ane & si opik diundang party di salah satu diskotik di sana...acaranya bebas mau ngapain & pesen apa aja..terserah...
klo ane waktu itu...maen cewek aja gan hehehehehee...tapi ngga sampe gituan...klo si opik parah gan doi minumnya ngga berenti2 klo diitung dah 1 krat abis..blom cewek2nya...wuahh..parah deh...doi minum segitu..bermacem2 merk diminum sama dia tapi anehnya ngga mabok2 baget masih bisa diajak ngomong....itu party sampe pagi...akhirnya jam 3 ane pulang ke kosan...si opik..juga pulang ke kosannya...sampe kosana ane langsung tidur gan...tau2 jam 2 siang ane ditelpon sama temen ane..katanya si opik BUTA....hah??!!!...yang bener loh???!! ane ngga percaya gan...ah mengada2 pikir ane..trus ane langsung ke kosannya opik...ngeliat kondisi doi...ternyata dia emang udah ngga bisa liat...meraba2 disitu ada temen ane yg laen lg nungguin dia coz doi ngga bisa kemana2...tapi si opik ngga terlalu panik...katanya " gw biasanya klo abis mabok berat suka rabun & gelap pandangannya ntar sore juga baek tapi hari ini kok gw ngga bisa ngeliat sama sekali, moga ntar sore baekan" Dia bilang gtu gan...Ane bingung juga...kok dia ngga panik..

eh ternyata udah 2 hari doi masih aja ngga bisa liat masih buta ...akhirnya sama anak2 dibawa ke dokter spesialis mata...setelah diperiksa bberapa kali Disitu ane kaget kata dokternya " ini Buta permanen karena syaraf matanya dahh ngga befungsi lagi"...ane kaget &sedih gan..kok bisa dok?? ane tanya...kata dokternya...ada zat2 dari minuman keras itu (ane lupa nama zatnya) klo bereaksi sama zat lain bisa melumpuhkan syaraf mata... wah gawat juga yah efek miras....akhirnya ane sama anak2 patungan bayarin biaya berobatnya...kabar terakhir yang ane denger si opik dijemput sama sodaranya trus dibawa pulang...kasian ya gan...ane sedih juga...
Akhirnya setelah itu ane wisuda...& ane kembali ke jakarta gan...kerja disini...
& sekarang ane dah punya kehidupan baru setelah ane nikah...tapi bayangan sahabat ane yg banyak jasa itu masih teringat kuat di kepala ane...

5 taun udah berlalu gan...skrg ane dah kerja di kerja diperusahaan swasta & ane sudah nikah dikaruniain 1 anak cwek yg cantik...keseharian ane sibuk sama job2 kantor disisi lain ada perasaan kangen sama temen2 ane juga gan..pucuk dicinta ulam tiba...trus ngga sengaja 8 bulan lalu ane dapet tugas proyek ke Surabaya...
wah dengan senang hati ane kesana gan...sekalian nostalgia..
setelah sampe sana ngga lupa mampir ke rumah temen2 ane waktu kuliah dulu...di kota pahlawn itu..& temen tongkrongan ane juga...
trus ane tanya2 ada yg tau kabarnya si opik ngga??? jawabannya ngga ada yg tau...trus ane cari info ke resto tempat kerjanya dulu..klo ngga salah dulu ada temen sekampungnya si opik yg jd waitress disitu..trus ane cari...eh ngga taunya temennya si opik masih kerja disitu gan..trus ane tanyain alamtnya si opik di Jogja..trus ane dikasih tau alamatnya...

Singkat cerita..setelah pulang dari Surabaya..ane mampir jogja dulu 2 hari..sekalian nyari alamt si opik..setelah nyari2 akhirnya ane ketemu alamatnya gan...
disebuah rumah kecil yg sederhana dgn halaman yg asri..ane masuk ke dalem rumahnya gan...
ane ketemu sama ibunya...trus ane bilang..."saya mau ketemu opik buu"
lalu ane dipersilakan masuk...trus ane ngeliat dia gan...lagi duduk di kamarnya gan...ane nggigit bibir ane..ngga sadar air mata ane tumpah gan...dia lg pegang tongkat..badannya kurus wajahnya dah semakin tua kayaknya lebih tua wajahnya dari umurnya jenggotnya agak panjang & kaya ustadz gitu....dia lg diem aja..ini percakapan ane (kejadian ini persis difilm2 tapi ini beneran)

A = ane
O= opik

A = pik..lo masih inget gw? Gw ary..temen lo dulu wktu di Sby..( ane sambil ngsuap mata ane)
O= Ary sapa yah...?!
A= Lo masih inget ngga klo sore2 biasa maen bola di parkiran Mall..kalo mau maen lo gw jemput pake motor supra butut...inget ngga brow...?? (ane ngga sanggup ngomongnya sambil nangis) gw ary qta dulu 1 tongkrongan di warung cak *** gw anak JKT lo inget ngga brow..yg suka pinjem duit klo akhir bulan...(sambil berusaha senyum)
O= Oh Aryy??!! ( dia lgs gelagepan2 gitu gan sampe tongkatnya jatuh & ngeraba2 lantai) gw inget...Lo anak (nama kampus) iya kan??..
A = Yoi bro...gw ary sahabat lo dulu waktu qta sama2 susah..
O = Astaga Lo masih inget gw..Ry.(sambil ane bantu ngambilin tongkatnya) Gimana kabar lo ?? kok bisa sampe sini...
A = gw cuma pengen tau kabar lo makanya gw kesini dikasih tau si ipul..kabar gw baik bro...lo gimana ?
O = ya begini lah... Semenjak dari surabaya gw ngga punya temen lagi...ga ada yg nengokin gw..ngga ada yg peduli sm gw..sehari2 gw cuma begini nyusahin emak gw doang..(dia mulai meraba2 wajah ane gan)...

( ane mirisss bgt gan...se gentle2 nya cowok klo ngeliat sahabatnya dulu yg suka duka bareng trus skrg buta ky gni kondisinya juga pasti akan meleleh airmatanya gan)

A= Mungkin anak2 sibuk bro..dah pada kerja..& dah pada berkeluarga..gw juga dah punya anak pik..Bini gw yg dulu gw pacarin itu lo kenal kan?? itu gw nikahin...sekarang gw dah punya anak cewek umur ampir 2 th..

O= iya wah akhirnya tmn2 gw hidupnya bahagia semua gw ikut seneng bro.. Lo emang Temen gw yg paling baik yg pernah gw kenal seumur hidup gw...gw kira anak2 dah pada lupa sm gw( sambil matanya yg buta berkaca2)

A = Ah buat gw yg penting Lo sehat...disini gw dah seneng...( berusaha nguatin hatinya)

akhirnya qta ngobrol sampe soree gan...hari itu ane yg ngerawat dia kecuali mandiin..itung2 ngurangin beban emaknya yg dah tua...

sebelum ane Pulang Dia bilang :

"gw nyesel sama hidup gw yg dulu...gw nyesel sama apa yg gw lakukan dulu..gw tau suka maksiat...tapi gw ngga pernah nyakitin siapapun...gw dah bertobat sm ALLAH..Tapi sampai detik ini ngga ada tanda2 bisa sembuh...seandainya ALLAH ngga mau memberi kesempatan 1 kali lagi setidaknya..dgn bisa ngeliat cahaya aja gw udah sangat bersyukur...Gw ngga nyangka bakalan buta sama sekali ngga nyangka.....
jika gw buta dari lahir mungkin gw ngga seperti ini..ini krna gw udah pernah bisa merasakan nikmatnya melihat dengan mata..gw nyesell...(sambil nangis) klo emang ngga dikasih kesempatan sembuh gw mohon sm Allah sebelum gw meninggal gw bisa ngeliat wajah emak & ngeliat elo ry..(ane) sama anak& istri gw pengen liat emak & sahabat gw bahagia itu aja
...setidaknya itu ermintaan terakhir gw...& gw ngga akan nyerah mohon ampun sm ALLAH"...

trus dia ngomong lagi sama ane...

"Lo tau ngga kenapa gw selalu bantu lo waktu lo masih kuliah..krn lo dah gw anggap adek gw sendiri..gw bantu lo gw krn pengen lo bisa sukses..lebih sukses dari gw..krn gw dulu punya ponakan seumuran lo tapi dia meninggal kecelakaan motor krn sedih itu gw merantau ke surabaya & ketemu elo yg karakternya mirip ponakan gw emang gw ngga akan pernah ngeliat ponakan gw sukses tapi...sekarang gw ngeliat elo dah hidup lebih baik ky sekarang Gw dah seneng bro..gw doain lo semoga sehat selalu..
" Klo gw sembuh .Gw mau ke jakrta..kerumah lo...Pasti...cepat ato lambat gw akan temuin lo" (sambil tersenyum)

ane salaman trus ane Pulang..& dia kaya mau nagis gitu..ane juga...ngga lupa ane titipin semua uang makan harian ane selama keluar kota dari kantor.. untuk biaya berobat doi..uangnya ane kasih ibunya...biarin ane bantu dia..itung2 balas budi..dulu ane suka dibantu dia wktu sering keabisan uang...
walaupun namanya balas budi ngg bisa dibayar dg apapun..

besoknya pagi ane terbang ke jkarta...sepanjang perjalanan ane merenung aja gan..kok bisa gitu jadi BUTA gara2 Miras jadinya kaya gini...sedihh banget..untung ane dulu ngga suka mabok...minum gituan juga ngga banyak cuma segelas paling banyak...kasiann si opik..dia ngga nyangka bakalan kena cobaan berat kaya gini...tapi ane salut dia dah bertobat...

Ane kembali sibuk sama job kantor ane seperti biasa...

2 minggu lalu.. ane ketemu temen ane di fb...dia itu waitress temen sekampungnya yg kerja direstoran yg ane mintain alamatnya si opik...dia ngasih kabar si opik meninggal kena liver...katanya sakit livernya dah lama krna dulunya kebanyakan minum hati& ginjalnya rusak...opik meninggal january 2010...

ane lemess gan..
ane sedihh gan...
ane lgs ke km mandi kantor...yah numpahin sedikit air mata ane..

sebenernya si opik itu sohib baekk ane gan...ngga bisa ane ceritain 1 / 1 semua kebaikan dia sama ane waktu dulu..coz...bisa 10 halaman kaskus ane abisin...ini ane singkat aja..

Pesen ane..Untuk agan2 semuanya.. JAuhin maksiat...Miras DLL..sebelum semuanya terlambat...Akibat Miras...selain kebutaan pada mata juga Liver agan bisa Rusak..klo dah sakit...baru nyesel..

BERENTI MABOK MIRAS & MAKSIAT SEKARANG JUGA !!! saran ane untuk kaskuser semua...karena qta ngga akn pernah tau apa yg terjadi besok...apakah masih bisa sehat???...ato mungkin agan2 sekalian dah pada berenti tapi penyakit bekas miras amasih bersarang di liver agan2 sekalian?? apa ada yg bisa jamin??? & tau?? iya kan...lakukan sebelum semuanya terlambat...penyesalan ngga ada gunanya...

Tidak ada komentar: